Jumat, 17 Januari 2014

PERENCANAAN BISNIS/BUSSINESS PLAN


PERENCANAAN BISNIS / BUSSINES PLAN

I.            LINGKUP PEMASARAN
Kebutuhan gas saat ini sangat besar pada penduduk indonesia, ini disebabkan oleh diberhentikannya subsidi pemerintah pada minyak tanah sehingga mengakibatkan melonjaknya harga minyak tanah. Otomatis semua orang berpindah memakai gas daripada minyak tanah karena gas lebih murah. pemerintah pun sudah mengatasi masalah ini dengan membagikan tabung gas dengan tujuan agar masyarakat berpindah dari pemakaian minyak tanah yang langka dan mahal sebagai bahan bakar kepada gas isi  3kg. Saat ini hampir 100% masyarakat memakai gas sebagai bahan bakar kompor, dengan demikian usaha penjualan gas isi 3kg menjadi peluang yang bagus untuk diusahakan. Gas isi 3kg dipilih karena kebanyakan masyarakat kita yang kebanyakan masyarakat menengah ke bawah memakai gas 3kg ini. Kalau sudah mencapai target penjualan yang diinginkan atau setidak-tidaknya usaha ini sudah mulai berjalan dan stabil baru disediakan gas yang berisi 5kg dan 12kg sebagai pelengkap.
Dari penjelasan diatas saya akan membuat suatu rencana untuk membuat bisnis jual gas, pertama-tama harus dilihat lokasi pasar. Lokasi yang bagus adalah diluar Jakarta, seperti bekasi tanggerang depok. Intinya lokasi yang masih belum ada sub agen gasnya atau masi jarang agen gasnya sehingga harga stabil dan tidak ada saingan. Kalau di daerah dalam kota Jakarta persaingan sangat ketat sebab sudah banyak subagen-subagen lain yang sudah buka lebih dahulu dan sudah punya nama, sehingga harga menjadi saling menjatuhkan antar sesama sub agen yang mengakibatkan keuntungan berkurang atau sedikit. Setelah mendapatkan lokasi yang sesuai dan menguntungkan.

a.mengapa memilih bisnis jual gas ?
memilih bisnis jual gas dikarenakan belum banyak warga masyarakat yang menjalani bisnis jual gas sehingga memiliki lebih besar peluang untuk mendapatkan keuntungan,selain itu juga bisnis jual gas ini lebih praktis dan efisien sehingga setiap orang akan membutuhkan gas untuk kebutuhanya memasaknya sehari hari.

b.apa yang diperlukan dalam bisnis jual gas ?
1.    Mencari lokasi berpenduduk padat sekitar 4000 orang dan merupakan wilayah luar jakarta yang masih jarang subagen gasnya.
2.    Menemui agen gas terdekat untuk dijadikan suplaiyer dan melakukan negosiasi agar mendapatkan harga yang murah dengan memesan 200 tabung gas, 100 tabung dikirim ke toko-toko pelanggan dan 100 tabung lagi sebagai stok cadangan di gudang. Dengan demikian ketika 100 tabung telah habis dan tabung kosong dikirin ke agen untuk pemesanan 100 tabung terisi, stok yang 100 tabung digudang dikirin ke toko-toko pelanggan sehingga persediaan tidak kosong dan pengiriman tidak tersendat.
3.    Menyewa tempat yang layak dan murah untuk dijadikan gudang tempat menampung stok cadangan.
4.    Berkeliling ke toko-toko untuk mendapat pelanggan baru, sampai mendapatkan setiap hari 60 pelanggan yang dapat menghabiskan 200 tabung perhari sampai mencapai target menghabiskan 300 tabung perhari,  diliat dari perkembangan selanjutnya sampai titik jenuhnya.
5.    Menjual ke toko-toko dengan harga yang murah sehingga mendapat banyak pelanggan terutama untuk penjualan pertama tabung dan isinya jangan mengambil banyak untung sehingga harga dijatuhkan untuk menarik pelanggan baru (harga pasaran untuk pembelian tabung dan isi Rp150.000,- bisa dijatuhkan menjadi Rp135.000,-).
6.    Menyediakan dana cadangan untuk pembelian 100 tabung, ini ditujukan untuk pemesanan dari pelanggan baru yang berhasil didapat sehingga tidak mengganggu persediaan untuk pelanggan lama.

c. Bagaimana agar bisnis jual gas dapat bertahan lama (survive) ?
memberikan pelayanan yang baik,memberikan harga yang tepat yang dapat dijangkau oleh pembeli sehingga dapat menarik pelanggan sebanyak mungkin.

d. kapan waktu yang tepat untuk menjalani bisnis ?
            waktu yang tepat adalah secepat mungkin karna belum banyak pesaing sehingga harga lebih stabil,tidak ada saingan,dan lebih mudah mendapatkan pelanggan.

II. TINJAUAN PUSTAKAN
            Setahu saya didalam bisnis jual gas tidak mempunyai pakar didalm bidang ini maka dari itu saya mewawancarai didekat rumah saya yang menjual gas sudah sangat lama dan bertahan sampai sekarang bahkan semakin besar usahanya.bu hajah olis mengatakan bahwa bisnis jaul gas ini sangat menguntungkan,kenapa menguntungkan?karna belum banyak pesaingnya semakin banyak pelanggan maka semakin menguntungkan pula dalam menjalani bisnis ini.

III. KESIMPULAN
            Semua bisnis setiap bisnis akan mengalami keuntungan dan kesuksesan dalam menjalankanya apabila kita menjalaninya dengan ikhlas,tekun,bertanggung jawab dan tetap berdoa dalam menjalankan bisnis agar untung dan juga berkah.masyarakat indonesia masih banyak yang memakai minyak tanah untuk memasak tetapi banyak juga dan bahkan pemerintah indonesia menghimbau dan mengajak masyarakatnya untuk menggunakan gas elpiji karna efisien,simple,mudah penggunaanya dan lebih aman.penjual gas mencari sebanyak mungkin pelanggan karna semakin banyak pelanggan maka semakin banyakpula keuntungan yang diperoleh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar