Kamis, 09 Januari 2014

PT. Media Nusantara Citra Tbk


            PT .Media Nusantara Citra Tsb (MNC)  termasuk dalam jenis perusahaan  jasa/ service, PT. Media Nusantara Citra Tsb ini bergerak dibidang pertelevisian nasional seperti mnc tv,rcti,MNC juga memiliki bisnis yang lainya, bisnis tersebut mencakup radio, management talent. Selain bergerak dibidang jasa/service MNC juga terdapat jenis perusahaan yang bergerak dibidang asuransi yaitu MNC life. Tujuan MNC Group adalah Untuk memberikan konsep hiburan keluarga yang paling komprehensif dan berfungsi sebagai sumber yang paling terpercaya di Indonesia berita dan informasi.

            Sumber modal PT.MNC tbk berasal dari laba operasi, keuntungan penjualan saham dan perolehan pinjaman. Sementara modal kerja PT MNC tbk digunakan untuk membeli perusahaan,aktiva tetap dan membayar utang. Modal kerja merupakan dana yang tersedia dalam perusahaan yang dapat digunakan dalam kegiatan operasional sehari – hari.

Distribusi cadangan PT,MNC Tbk diperoleh dari penyisihan sisa hasil usaha yang dimasukan untuk menumpuk modal sendiri dan untuk menutup kerugian perusahaan itu sendiri.

Manfaat distribusi cadangan bagi PT.MNC Tbk untuk memenuhi kewajiban tertentu, sebagai jaminan untuk kemungkinan – kemungkinan rugi di kemudian hari dan untuk perluasan usaha.

Evaluasi keberhasilan dari sisi karyawan ataupun anggota dapat dilihat dari pengalaman dan wawasan dan pendidikan yang tinggi dari karyawan PT MNC Tbk sehingga dapat memberikan hasil yang optimal dan semaksimal mungkin dalam mencapai keberhasilan di perusahaan PT MNC Tbk.

Efek – efek ekonomis PT MNC Tbk ialah

1.   Efisiensi

Apabila MNC mendorong terjadinya gerakan sumberdaya maka akan cenderung terjadinya alokasi sumberdaya yang lebih efisien karena sumberdaya akan bergerak untuk mencapai rate of return  tertinggi. Jadi apabila sumberdaya dapat bergerak dengan mudah melintasi batas suatu tarif maka akan mendorong terjadinya maksimisasi output dunia.  Disamping itu adanya hambatan perdagangan seperti ariff merupakan motif lain dari investasi langsung

 2.   Pemerataan (equity)

Siapa yang memperoleh manfaat dari MNC  atau bagaimana output atau laba dibagi? negara-negara yang merasa dirugikan akan berteriak menentang kehadirannya.  Bagi negara induk, investasi langsung sama artinya dengan ekspor tenaga kerja, karena kesempatan kerja terjadi di negara-negara dimana MNC didirikan.  Dilain pihak, negara-negara dimana MNC didirikan sering mengeluh karena pembagian laba lebih banyak ditranfer ke negara dimana MNC berasal.

3.   Kedaulatan

Karena MNC mempunyai jaringan yang luas, maka sering perusahaan ini banyak melanggar kebijakan ekonomi suatu negara tanpa dapat berbuat apa-apa, dan kalau terlalu keras terhadap MNC maka  MNC tersebut dapat pindah dengan mudah ke negara lain yang lebih akomodatif.

Evaluasi keberhasilan dari sisi perusahaan PT MNC Tbk dilihat dari sisi perusahaan yaitu sumber daya manusia yang sudah terlatih dan profesional didalam PT.MNC Tbk teknologi yang sangat sudah canggih dan tentu modern sehingga acara tv,radio,rumah produksi,jasa ataupun asuransi sudah sangat baik.

Peranan utama PT MNC Tbk Menjadi grup media dan multimedia yang terintegrasi, dengan fokus pada penyiaran televisi dan konten berkualitas yang disiarkan melalui teknologi yang tepat untuk memenuhi kebutuhan pasar dan Memberikan konsep hiburan keluarga terlengkap dan menjadi sumber berita dan informasi terpercaya di Indonesia.
Pembangunan PT MNC Tbk di negara berkembang seperti indonesia.

Secara lebih lengkap manfaat positif dan negatif bagi negara berkembang adalah sebagai berikut :

1.        Dampak Positif
a. sebagai sumber pembiayaan jangka panjang dan pembentukan modal
b.        Transfer teknologi dan know-how di bidang manajemen dan pemasaran.
c.         Tidak memberatkan neraca pembayaran karena tidak ada kewajiban pembayaran utang dan bunga, sedangkan transfer keuntungan didasarkan kepada keberhasilan perusahaan multinasional tersebut
d.        Meningkatkan pembangunan regional dan sektoral
e.        Meningkatkan persaingan dalam negeri yang sehat dan kewirausahaan
f.           Meningkatkan lapangan kerja

2.        Dampak negatif
a.        munculnya dominasi industrial
b.        ketergantungan teknologi
c.         dapat menyebabkan terjadinya perubahan budaya
d.        dapat menimbulkan gangguan pada perencanaan ekonomi
e.  dapat  terjadi  intervensi  oleh pemerintah negara asal perusahaan MNC

sumber : http://www.mnc.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar